resume 4, Generasi Muda Berintegritas Anti Korupsi




 Pemateri : Prof. Dr. Haryono Umar, SE., Ak., M.Sc., CA - Guru Besar UMJ dan Wakil Rektor Perbanas Institute

Apa itu korupsi? perbuatan setiap orang baik pemerintahan maupun swasta yang melanggar hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau korporasi yang dapat merugikan keuangan negara.

Upaya memerangi korupsi bukanlah hal yang mudah. Dari pengalaman Negara-negara lain yang dinilai sukses memerangi korupsi, segenap elemen bangsa dan masyarakat harus dilibatkan dalam upaya memerangi korupsi melalui cara-cara yang simultan. Upaya pemberantasan korupsi meliputi beberapa prinsip, antara lain: 

a. memahami hal-hal yang menjadi penyebab korupsi, 

b. upaya pencegahan, investigasi, serta edukasi dilakukan secara bersamaan, 

c. tindakan diarahkan terhadap suatu kegiatan dari hulu sampai hilir (mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan aspek kuratifnya) dan meliputi berbagaui elemen.

d. perlu juga teman yang bisa mengingatkan bahwa hal ini adalah salah.

mahasiswa harus skeptis (tidak mudah percaya) harus bisa menyaring informasi yang beredar ataupun informasi yang didapatkan. Indonesia memiliki kekayaan yang berlimpah tetapi kekayaan tersebut tlah diambil oleh pejajah, kemudian korupsi. Korupsi dimulai pada perbuatan salah, salah dibagi menjadi 2kesalahan yang di sengaja dan tidak sengaja. Kesalahan yang tidak sengaja merupakan kelalaian, kesalahan ini dapat dimaklumi kecuali yang menghilangkan nyawa orang lain. Sedangkan yang kedua adalah kejahatan yang disengaja ,kesalahan ini merupakan kejahatan.Kejahatan dibagi menjadi 2 , yaitu kejahatan umum dan kejahatan khusus. Kejahatan umum terdapat pada UUD, sedangkan Kejahatan khusus ini terdapat pada UUD khusus ataupun tidak tertulis , contohnya seperti korupsi , Pelaku pegguna narkoba, dll.

 Korupsi memiliki sudut pandang yang berbeda-beda  dari hal yang kecil hingga hal yang besar yang dapat merugikan banyak orang. contoh korupsi yang kecil adalah korupsi waktu, sedangkan Korupsi yang besar adalah Korupsi uang seperti kasus -kasus yang terdapat pada berita.

Kebanayakan pelaku korupsi adalah pelaku yang memiliki jabatan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume UNUSA Rintis Kurikulum Internasional, FK UNUSA Ajari 29 Pengungsi jadi Kader Kesehatan Migran

Resume 2, Proses Pelayanan Kesehatan

Ramadan Khareem 1445H