Kota Lama Surabaya



                                            

 Surabaya- Kota Lama Surabaya, juga dikenal dengan sebutan Kota Tua Surabaya adalah area bersejarah yang terletak di Surabaya, Jawa Timur. Kawasan ini terkenal dengan bangunan-bangunan bergaya kolonial Belanda dan sejarahnya yang kaya. Kota Lama Surabaya area eropa adalah kawasan cagar budaya yang melingkupi jl. Kalimas Barat, Jl. cendrawasih,Jl. Merak, Jl. Krembangan Timur, Jl Rajawali, Jl. Garuda, Jl. Kalisosok, Jl. Jembatan Merah, Jl. Branjangan, dan Jl. Veteran, yang berlokasi di utara Surabaya.

Gugus bangunan cagar budaya di dalamnya merupakan penanda sejarah perkembangan Surabaya sejak abad ke-16 hingga ke-20. Kisah penjelajahan, penaklukan dan perdagangan berpadu dengan kisah perjuangan legendaris arek-arek Suroboyo. 



Pada akhirnya Kota lama Surabaya diresmikan pada Kamis (3/7) dan Kota Lama Surabaya kini menjadi salah satu destinasi wisata menarik bagi mereka yang ingin merasakan suasana masa lalu Surabaya. Pengunjung dapat menikmati bangunan-bangunan bersejarah, serta berbagai kafe, galeri seni, dan pasar tradisional yang ada di sekitar kawasan ini.



Kota Lama Surabaya adalah contoh bagaimana sejarah dan modernitas dapat berpadu, memberikan kesempatan untuk memahami lebih dalam tentang masa lalu Surabaya dan Indonesia secara keseluruhan.

terdapat pula fasilitas-fasilitas yang telah disediakan serta informasi tentang kota lama, informasi tersebut dapat pula dinikmati oleh tunanetra karena terdapat tulisan Braille tepat di samping tulisan tersebut.



SEJARAH NAMA SURABAYA

Surabaya pertama kali disebut dalam Prasasti Canggu pada tahun 1358. Dijelaskan bahwa Surabaya adalah sebuah desa di tepi sungai. Kata Surabaya berasal dari bahasa Jawa Kuno yang artinya "Berani (Melawan) Bahaya". Sedangkan simbol Ikan Hiu dan Buaya dipakai dari cerita rakyat populer yang baru muncul pada abad ke-19.

Dalam perkembangannya terdapat banyak variasi penulisan nama Surabaya. Di antaranya adalah Çurabaya, Sourabaya, Soerabaja, Soerabaia, dan Surabaja

Berikut Video Kota Lama Surabaya: https://youtube.com/shorts/YwdPSSGwymg?si=ItENJhj0oPrXGQx_









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume UNUSA Rintis Kurikulum Internasional, FK UNUSA Ajari 29 Pengungsi jadi Kader Kesehatan Migran

Resume 2, Proses Pelayanan Kesehatan

Ramadan Khareem 1445H