Resume 5, Strategi Menumbuhkan Critical Thinking Ability Untuk Menemukan Solusi Terbaik



 Pemateri: Ariel Abdurrakhman ST.,MT.

 Bersyukur kepada Allah, tuhan yang maha esa

  • Badan Pusat Statistik mencatat Angka Partisipasi Kasar Perguruan Tinggi (APK-PT)yang menggambarkan jumlah masyarakat yang dapat melanjutkan pendidikan tinggi pada tahun 2021 baru sekitar 31,18%. Tertinggal dibanding Malaysia yang mencapa 50% dan Singapura yang lebih dari 70%
 Kesempatan emas demografi Indonesia 2020-2035 terdapat periode “bonus demografi” inilebih berkualitas karena lebih banyak tenaga terlatih -> asumsi: Tingkat pendidikan harus tinggi.
 Perspektif lulusan- kompetensi- kontribusi
Maslow Theory


 Insan intelektual sepatutnya menjadi aktor utama dalam memberikan dalam memberikan solusi nyata di tengah masyarakat Indonesia dan global.
 Ruang lingkup: 17 SDGs
1. Tanpa kemiskinan;
 2. Tanpa kelaparan; 
3. Kehidupan sehat dan sejahterah;
 4. Pendidikan berkualitas; 
5. Kesetaraan gender; 
6. Air bersih dan sanitasi layak; 
7. Energi bersih dan terjamin; 
8. Perkerjaan layak; 
9. Industri, inovasi, dan infrastruktur; 
10. Berkurangnya kesenjangan; 
11. Kota dan pemukiman yang berkelanjutan; 
12. Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab; 
 Ruang lingkup : kepeihatian bangsa
  1. Korupsi
  2. Narkoba
  3. Terorisme & NKRI
  4. Bahasa daerah
  5. Konservasi satwa liar
  6. Bencana alam
Tahapan dalam berpikir kritis
  • Identifikasi serta kembangkan kemampuan dan potensi diri (nilai agama, adat, pendidikan formal, dll)
  • Identifikasi, validasi dan evaluasi segala informasi yang diperoleh (5W + 1H)- seleksi fakta dan opini
  • Bandingkan antara fakta dengan nilai-nilai kebenaran/ideal yang ada. 
  • Analisis melalui klasifikasi dan pemetaan masalah
  • Berikan ide dan solusi original terhadap permalahan yang dianalisis





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi program LPKS

Resume 2, Proses Pelayanan Kesehatan